Sepiring Urap

Kawans paling sering mengolah sayuran dengan resep apa? ditumis, disop, diurap atau dijadikan salad ? kalau saya paling sering membuat tumisan sayur karena paling mudah bumbunya dan mudah pengolahannya. Selain diolah bisa juga sayuran dimakan mentah setelah dicuci bersih dulu tentunya.

Salah satu resep yang belum pernah dicoba adalah membuat urap. Mumpung mood masak muncul karena kehadiran asisten baru #akhirnyabisanafaspanjangdikitsetelahdramaberserimencariasisten dan tetiba menemukan koleksi koran masakan punya bapake yang ada resep urapnya dan dikulkas ada sedikit sayuran, pagi itu semangat sekali mencatat resep urap dan hunting bahan-bahan yang tidak ada.

Resep urap ini  diambil dari koran Saji edisi 279 yang terbit tanggal 18 September 2013 (booo….nyaris emapt tahun), entah sejak kapan bapake hobi membeli koran dan saya sebagai satu-satunya anak bapake seringkali bertugas mempraktekkan resep yang ada disana. Koran ini hanya satu dari sekian resep bapake, siap-siap aja lain kali saya praktek resep yang lain #doakanmoodmasakselaludatang.

Urap adalah makanan asli Indonesia, menurut Wikipedia berasal dari Jawa, salad sayuran yang dicampur dengan bumbu parutan kelapa. Urap sama sekali tidak mengandung daging, bisa dimakan tanpa nasi atau dimakan sebagai lauk, bisa juga dijadikan pelengkap nasi tumpeng.

Dari segi bahan, urap ini gampang banget dibuat, tidak ada pakem khusus sayuran apa yang ada di dalam urap, tetapi yang paling umum tauge, daun pepaya, daun singkong, wortel, kacang panjang. Sayuran lain boleh kok seperti labu siam, daun kenikir, daun ceciwis, daun kangkung, tergantung selera dan sayuran yang ada di rumah. Bahan yang wajib ada adalah kelapa parut, bisa memarut sendiri atau beli yang sudah jadi di warung atau pasar terdekat. Parutan kelapa bisa disimpan lama loh caranya masukkan ke dalam plastik, ikat dengan rapat lalu simpan di freezer. Pada saat akan dipakai disimpan di suhu kamar sampai ke bentuk semula.

Dari segi pembuatan gampang banget, cuma tinggal ulek-ulek lalu ditumis ditambahkan bumbu beres deh, gak perlu alat-alat khusus hanya alat-alat yang biasa nangkring di dapur. Gak punya ulekan? yang diblender, Gak punya blender? ya diulek, gunakan alat yang ada di rumah saja.

IMG_20170730_100056
Resep asli 
IMG_20170725_170545
Hasil karya dengan bumbu plek ketimplek resep di atas

Titik kritis dari resep urap adalah membuat bumbu urapnya, kombinasi berbagai bahan yang membuat cita rasa menjadi sedap. Bumbu urap terdiri dari bahan yang dihaluskan dan tidak dihaluskan. Untuk membuat bumbu halus dibutuhkan 6 butir bawang merah, 4 buah cabai merah besar, 1 buah cabai rawit merah, 1 cm lengkuas, 2 cm kencur, 1/2 sdt terasi. Bumbu halus ini diulek sampai dengan halus lalu ditumis dengan minyak secukupnya tambahkan dua lembar daun salam biarkan sampai aroma harumnya keluar. Masukkan serbuk kelapa lalu aduk sampai dengan merata, tambahkan garam, gula merah, air asam dan air. Jangan lupa diicip ya agar rasanya pas dengan selera. Setelah selesai taburkan bumbu ini di atas sayuran yang sudah matang.

Penambahan garam harus hati-hati, karena ada terasi jadi sudah asin, cukup menambahkan garam sedikit saja. Saya lupa ada terasi di resep ini, pada saat diicip kok rasanya asin banget ditambahkan gula merah berlebih tetap gak nutup, akhirnya ditambah serbuk kelapa lagi baru deh rasanya pas.

Paling enak menikmati urap ini dengan nasi hangat dan ikan asin tapi mau dimakan tanpa nasi pun oke aja, cocoklah buat diet yang menghindari karbohirat berlebih karena karbohidratnya sudah ada dari sayuran. Urap ini makanan alternatif untuk vegetarian biar gak bosen sayurannya ditumis terus.

#1minggu1cerita #odopfor99days2017

 

 

 

Iklan

Penulis: wildamnoer

Full timer apoteker, tinggal di Cianjur dan mulai belajar menulis, hobi merajut dan memasak

4 thoughts on “Sepiring Urap”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s